Endang Yuni Purwanti – Blog

Web Internal : Sarana Berbagi Informasi

October 6th, 2014 · No Comments

Pagi masih terasa sejuk, jarum jam di dinding menunjukkan jam delapan kurang beberapa menit. Satu persatu rekan kerja datang dan menempati meja kerja masing-masing. Seperti biasa, sambil menunggu apel doa pagi dimulai, setelah PC dinyalakan, laman yang pertama kali saya buka adalah web internal perusahaan.

Web internal ini adalah media komunikasi internal perusahaan yang berisi beragam hal yang harus diketahui seluruh elemen perusahaan. Mulai dari visi, misi, rencana jangka pendek, menengah dan panjang, sampai kebijakan perusahaan terbaru, termasuk peraturan yang harus diketahui oleh semua elemen. Dengan kantor cabang mulai dari Aceh hingga Papua, web internal jadi sarana cukup efektif dalam penyebaran informasi penting perusahaan. Sehingga tidak ada kata tidak tahu tentang kebijakan perusahaan karena semua sudah disediakan di web internal tersebut.

Selain hal-hal ‘serius’, tersedia juga fitur – fitur ringan, seperti sharing foto-foto kegiatan dari kantor cabang, berita-berita terbaru tentang pegawai, dari yang menikah, lahiran, mutasi dan lain sebagainya. Juga terdapat forum berbagi saran/pendapat/dll dengan dimoderatori CS.

Salah satu laman favorit saya adalah artikel pembuka dari ‘Big Boss’ yang biasanya diganti minimal sekali sebulan. Tak seperti biasanya saya lewati, artikel pembuka ini tak bosan saya baca berulang kali, karena setiap kali membacanya seperti tertular energi positif tentang sebuah visi besar  yang dibagikan melalui tiap huruf yang ia tuliskan. (agak lebay deh gw hehehehee)

Sagala Aya
Didedikasikan sebagai sarana terupdate, tercepat dan terpercaya dalam memberikan segala informasi tentang perusahaan, web internal dibuat sedemikian rupa dinamis dan asik dikunjungi. (Dufan kali asik dikunjungi hehehee.. ) Update laporan kemajuan kegiatan periodik tiap cabang menjadi sarana unjuk prestasi sekaligus ‘teguran’ untuk cabang terkait. Yah, siap-siap malu aja jika laporan cabangnya masuk terendah, karena update tersebut dapat dibaca seluruh elemen.

Karena menjadi satu tempat yang diandalkan menjadi sumber informasi terbaru, terpercaya dan tercepat, semua elemen memantau web internal ini setiap saat. Setiap unit terkait akan mengupdate konten yang menjadi tanggung jawabnya secara cepat. Karena itu terdapat link ke berbagai unit menjadi satu kesatuan yang memudahkan didapatkannya informasi. Dengan berbagai fitur yang disediakan, saya menyebutnya web sagala aya ^.^

Keuntungan lain dari web internal adalah menghemat kertas dan dapat diakses kapan pun dimanapun selama ada sinyal (wah Ruang Rapat HPH tidak termasuk berarti, secara blank spot area alias kagak dapet sinyal ^.^)

***

Lain padang lain ilalang. Jika dulu saya sering akses web internal, sekarang saya sering akses email internal.. heheheee..

btw 2009-2014, tak terasa lima tahun sudah berlalu sejak saya terakhir kali mengakses web internal itu. Apa kabar ya ia sekarang? Masihkah ia asik dikunjungi setiap pagi? Masihkah ia menarik seperti saat itu?  (Hadoowhh.. ini ngomongin web-nya, apa ngomongin admin webnya ya??  hehehhehee.. ^.^)

*
Tidak ada daun yang jatuh tanpa ijinNya..
Begitu pun lupaku saat itu..
Yakin bukan kebetulan, karena sejatinya tidak pernah terjadi kebetulan..
Yang ada adalah tautan-tautan ketentuanNya yang kadang kita terlupa..
Pun di sisi lain, harus belajar untuk lebih cermat dan teliti lagi..

**
Artikel ama puisina teu nyambung euy…

kumaha ieu teh..??

ah.. biarin lah ya.. da saha abdi mah atuh.. ^.^

Tags: Uncategorized