Endang Yuni Purwanti – Blog

Mendadak [Merasa] Miskin

June 30th, 2014 · No Comments

jam unik

 

Sore itu, untuk persiapan bingkisan silaturahim menjelang ramadhan, janjian bertemu seorang teman di Botani Square untuk beli sirup dkknya

Karena harus menunggu cukup lama, jalanlah saya melewati berbagai toko, mulai dari jam, pakaian, sepatu, tas, sampai stand yang jual apartemen juga terlewati.

Disaat itu, tiba-tiba merasa miskin.. Iya miskin.. Padahal sebelumnya biasa aja, kaya nggak, miskin juga nggak..

Miskin, menurut KBBI artinya tidak berharta; serba kekurangan (berpenghasilan sangat rendah).

Nah itu dia, di hadapan deretan toko-toko yang berlayout cantik dengan beragam harga tiba-tiba merasa miskin, berpenghasilan sangat rendah, gaji sebulan bisa habis dalam sejam jika sebatas menuruti keinginan saja..

Dan sejam di Botani Square itu saya jadi merasa ‘miskin’..

Eit.. tapi itu dia, merasa.. perasaan..

Jika di depan toko cantik-cantik itu tiba-tiba merasa miskin, tapi di lain hari kita mungkin merasa sebaliknya, merasa sangat ‘kaya’, sangat berkecukupan, beruntung, dll

Biasanya merasa ‘kaya’ merasa ‘berkecukupan’ itu bukan di mall, bukan di tempat mewah, tapi saat kita di jalanan, di tempat-tempat kumuh, di kolong jembatan, dsb.

Ah betapa perasaan itu bersifat relatif. So, ke mall sesuai kebutuhan itu boleh, tapi jangan lupa melatih sensitivitas sosial kita dengan membuka mata telinga dan hati pada sekitar kita..

Belanja shopping itu boleh banget, tapi juga ingat pada kalo sebagian harta kita ada hak fakir miskin..

Ramadhan itu sejatinya melatih kita lebih peduli sosial, merasakan lapar dan haus, juga berbagi dengan mengeluarkan zakat. Ya, kalo pun kita lapar haus, itu karena wajib puasa, tapi diluar sana banyak yang harus haus lapar karena memang tidak mempunyai sesuatu untuk dicerna..

#Ramadhan1435H H+2

*tulisan copas bebas dari fb sendiri &  gambar dari blibli.com
* btw judul awalnya adalah Miskin Sejam, jadi cocok dengan gambar. Eh diganti judul jadi Mendadak Merasa Miskin, jadi ga nyambung ama jam hehehee ^.^

Tags: Uncategorized