Endang Yuni Purwanti – Blog

Ayo Berperan Serta Dalam Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013

December 5th, 2012 · No Comments

Kurikulum. Apa yang pertama kali terpikirkan ketika disebut kata kurikulum? Mungkin pelajar, mungkin sekolah, mungkin buku pelajaran, satu hal yang pertama terpikirkan oleh saya adalah perubahan. Kenapa perubahan, karena saat ini Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mengadakan Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013. Artinya, kurikulum di Indonesia sedang dilakukan perubahan, dalam hal ini kata yang digunakan adalah “pengembangan”.

Ngomong-ngomong tentang pengembangan, kok jadi inget kue bolu ya (Jiaaahhh jauh banget padahal kan ya…). Jika kita buat kue bolu, kue dinilai berhasil berkembang ketika setelah selesai proses pemanggangan, ukuran kue berubah ke ukuran yang sesuai kita harapkan (yang pernah bikin kue pasti kebayang kan.. ) Nah, begitu pun dengan pengembangan kurikulum, kurikulum dianggap berhasil berkembang ketika setelah kurikulum diterapkan berhasil mencapai keluaran sesuai yang diharapkan.

Tapi tentu saja buat kue bolu dan kurikulum  jauh berbeda. Dalam kasus buat kue bolu, jika kue bolu gagal berkembang dan tidak enak, dengan gampangnya bisa kita buang dan pergi ke toko kue beli bolu yang sudah jadi dan dijamin enak.  Tentu hal yang sama tidak bisa kita lakukan dalam hal pengembangan kurikulum, kegagalan berkembang akan berefek sangat besar, dan tidak semudah itu juga mencari solusinya, karena kurikulum itu menyangkut kualitas sumberdaya manusia yang  kelak akan mengelola masa depan.

Apa jadinya jika kurikulum yang digunakan tidak sejalan dengan perkembangan jaman. Ibarat gadget dengan usernya, mau sebagus apapun gadgetnya jika penggunanya tidak bisa menggunakan berbagai fitur canggih didalamnya, ya kecanggihan gadget tersebut tidak memiliki nilai tambah. Seperti itulah ketika berbagai peluang hadir di masa depan, tetapi kualitas sumberdaya manusia yang rendah tidak bisa memanfaatkan kesempatan emas tersebut.

Mengantisipasi hal tersebut, salah satu hal yang dilakukan adalah pengembangan kurikulum. Sebagaimana dijelaskan dalam pengantarnya, disebutkan bahwa Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan bagian dari strategi meningkatkan capaian pendidikan yang berorientasi pada terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge).

Sejumlah hal yang menjadi alasan pengembangan Kurikulum 2013, antara lain adanya perubahan proses pembelajaran dan proses penilaian memerlukan penambahan jam pelajaran, kecenderungan banyak negara menambah jam pelajaran, dan jam pelajaran di Indonesia relatif lebih singkat. Jika disimak alasan-alasan tersebut, lebih pada sisi kuantitas, yaitu jam pelajaran di Indonesia dianggap kurang. Padahal menurut saya, peningkatan kuantitas dan peningkatan kualitas tak selalu berbanding lurus. Penambahan kuantitas jam pelajaran jika tak diiringi perbaikan kualitas proses dalam jam pelajaran tentu tidak akan meningkatkan mutu hasil sesuai yang diharapkan.

Alasan lain dilakukan pengembangan Kurikulum 2013 adalah sejumlah permasalahan yang ditemui dalam penerapan Kurikulum 2006 dan tantangan masa depan yang memerlukan kompetensi khusus, fenomena sosial yang terjadi di kalangan pelajar, dan persepsi publik yang menilai pendidikan selama ini terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif, beban siswa yang terlalu berat, dan kurang bermuatan karakter.

Semua alasan dan faktor-faktor diatas, bermuara pada satu hal : kurikulum harus dikembangkan. Jika selama ini kita sering mendengar berbagai komentar tentang kurikulum, misalkan : kurikulum kok ganti-ganti, kurikulum sekarang susah, dan lain sebagainya, dan kita hanya bisa mendengar ataupun berkomentar serupa, saat ini Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mengadakan Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013. Berbagai aspek dalam Rancangan Kurikulum 2013 dapat ditanggapi. Nah, ini saatnya kita mengkritisi, memberi saran dan masukan terbaik untuk pengembangan kurikulum tersebut. Uji publik ini dilaksanakan hingga tanggal 24 Desember 2012. Jadi ayo ikut berpartisipasi, silakan klik  http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id  atau jika ada hal-hal yang ingin disampaikan lebih lanjut bisa melalui email: ujipublik.kurikulum@kemdikbud.go.id

Ayo kita berperan serta dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Majulah Pendidikan Indonesia!!!

 

 

Tags: Artikel Umum